Rabu, 02 November 2011

ARTI SENI

Seni

Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.
Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta).
Add caption

SENI BUDAYA LUMAJANG
Seni Kalipang merupakan kesenian tari tradisional khas Lumajang dengan iringan rebana dan jidor yang bernafaskan Islam, mulai dikembangkan sejak jaman penjajahan Belanda. Kesenian rakyat ini banyak menonjolkan unsur nilai-nilai seni bela diri tradisional dan merupakan kesenian turun temurun , mengakar serta membudaya di masyarakat Kabupaten Lumajang dan biasanya Tari Kalipang untuk menyambut tamu raja-raja jaman dahulu. Seni Tari Kalipang biasanya diikuti Jaran Kencak Seni Ujung adalah seni pertunjukan rakyat, merupakan salah satu seni pertunjukan yang sangat digemari oleh berbagai lapisan masyarakat banyak mengandung unsur-unsur seni yang tinggi baik gerak, vokal maupun instrumennya. Pada awal sebelum tahun 1800, seni pertunjukan rakyat ujung ini hanya merupakan permainan anak-anak utamanya para penggembala lembu atau kerbau dengan menggunakan ujung pelepah pisang yang masih disertai dengan sebagian dari daunnya. Sehingga permainan tersebut diberi nama ujung.Pada sekitar tahun 1832 permainan ini dijadikan inspirasiuntuk diangkat kembali menjadi suatu permainan rakyat dalam memberikan ilmu kekebalan fisik atau kanoragan kepada masyarakat yang ketika itu masih dijajah Bangsa Belanda Ilmu tersebut dimaksud uuntuk menanggulangi penderitaan rakyat atas kekejaman penjajah Belanda. Seni pertunjukan rakyat ini banyak menonjolkan unsur bela diri / Pencak silat dan tari tradisional yang berorientasi pada perkembangan kehidupan jiwa. Dipagelarkan pada rangkaian acara bersih Desa, memeriahkan hari kemerdekaan dan acara-acara tertentu lainnya. Dalam seni pertunjukan rakyat tersebut, memakai sarana rotan (penjalin dengan diameter 1Cm dan panjang 1 m).

1 komentar:

  1. saya senang dengan kesenian bela diri gan, disamping melatih ketahanan fisik dan mental.. tetapi juga mengandung unsur seni yang unik.

    Boleh juga nih dilihat dan dipelajari
    Beripat Badau - Kesenian Tradisional wisata Belitung

    BalasHapus